Bahagiakan diri sendiri dulu sebelum membahagiakan orang lain

Rabu, 12 Maret 2014

Mikrobiologi Kelautan

22.33 Posted by Unknown No comments
Halo kawan-kawan, kali ini saya akan membahas tentang Mikrobiologi Laut nih. Mumpung saya semester ini dapet kuliah Mikrobiologi Laut, jadi sekalian aja bikin blognya. Sambil belajar sambil sharing aja gitu :)) Yak langsung aja dibaca-baca blognya bro sis.


Pertama, apasih Mikrobiologi?

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme. Objek yang dipelajari itu adalah semua makhluk hidup yang perlu dilihat menggunakan Mikroskop, khususnya bakteri, fungi, algae, protozoa dan lain-lain. Mikrobiologi ini adalah salah satu cabang dari ilmu Biologi. Dalam mikrobiologi dasar diberikan pengertian dasar tentang sejarah penemuan mikroba, macam-macam mikroba di alam, struktur sel mikroba dan fungsinya, metabolisme mikroba secara umum, pertumbuhan mikroba dan faktor lingkungan, mikrobiologi terapan di bidang lingkungan dan pertanian. Definisi mirobiologi laut adalah suatu ilmu yang mempelajari jasad kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang yang ada dilaut. Yakni bisa berupa bakteri, fungi, ragi, protozoa, amoeba, alga, diatom, plankton, copepoda. Dll.

Apa perbedaan antara bakteri laut dan bakteri tawar atau tanah?

Perbedaan utama adalah bakteri air laut bisa hidup pada konsentrasi salinitas yang tinggi tanpa adanya komponen garam tersebut pada media maka bakteri laut tidak bisa tumbuh dan berkembang. Bakteri tawar/tanah tidak bisa hidup pada konsentrasi salinitas yang tinggi.

Apakah peranan mikroorganisme laut?

1.      Kelimpahan bakteri heterotrof dalam ukuran biomassa, dapat disejajarkan dengan biomassa fitoplankton laut. Di samping itu, keragamn bakteri laut memperlihatkan pentingnya pemanfaatan metode molekuler untuk identifikasi dan taksonomi kecepatan proses heterotrofime yang meliputi pertumbuhan, respirasi dan mineralisasi (khususnya N & P)
2.      Untuk mengendalikan tumpahan minyak yang ada di laut. Seperti yang kita tahu di laut kita ini di mana banyak lalu-lalang kapal dari berbagai Negara ternyata kapal-kapal ini mengeluarkan emisi yang berbahaya bagi biota laut. Tapi penelitian menunjukan bahwa beberapa bakteri laut dapat mengendalikan ini, contohnya Pseudomonas aeruginos.
3.      Aktifitas Biolumiesens juga disebabkan oleh bakteri laut. Bakteri yang memiliki aktivitas bioluminesens kebanyakan adalah spesies-spesies dalam lingkungan laut. Pemancaran cahaya yang dilakukan sangat menguntungkan organisme tersebut karena berguna untuk mencari makan, menghindari musuh, mengenal spesiesnya, komunikasi dan aktivitas kamuflase.
4.      Berperanan pada produksi primer sebagai mana diketahui bakteri ada yang autotrof maupun heterotrof. Bakteri autotrof yaitu bakteri yang menggunakan CO2 dan H2O untuk membentuk materiorganik dengan bantuan energi yang berasal dari matahari (photoautotrof) ataupun energi yang berasal dari reaksikimia (Chemoautotrof).
5.      menguraikan komponen-komponen yang komplek menjadi komponen yang  sederhana, yang mana awalnya komponen ini tidak dapat digunakan oleh organisme di lingkungan, dengan adanya bakteri, maka komponen tersebut dapat dimanfaatkan.

Yah mungkin segitu aja tentang pengenalan Mikrobiologi Kelautan ya. Mungkin nanti saya akan buat post tentang bakteri yang menyebabkan bioluminesens dan bakteri yang bisa mengendalikan tumpahan minyak.


Sedikit gambar untuk kalian






Sekian tentang penjelasan Mikrobiologi Kelautan semoga dapat membantu kawan-kawan. Jangan lupa kunjungi ini juga Istilah-istilah dalam Mikrobiologi


Sumber:


Catatan Kuliah Pribadi :))

0 komentar:

Posting Komentar